DEFINISI KOMPUTER
Secara umum komputer adalah sekumpulan alat elektronik dimana satu dengan yang liannya saling bekerja sama terkoordinasi dibawah kontrol program dengan kemampuan daoat menerima data atau inptut lalu mengolah data tersebut dengan menghasilkan informasi (output). Siapa tak kenal komputer saat ini, hampir semua aktivitas dikerjakan dengan menggunakan computer. Namun tau kah kamu apa pengertian komputer yang sebernarnya ? untuk mengetahuinya yuk kita simak pengertian komputer menurut para ali.
Beberapa Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
Dari beberapa buku yang saya gunakan untuk referensi ada beberapa ahli yang mendefinisikan arti dari komputer diantaranya Robert H. Blissmer, V.C Hamacher et al, Elias M. Awad, Donald H. Sanderes, Larry Long & Nancy Long, Williams Sawyer dan William M. Fouri. Llalu apa kata mereka tentang Definisi komputer ini yuk kita simak apa kata mereka.
Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer
Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakakukan beberapa tugas seperti menerimainput, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
Pengertian Komputer menurut V.C Hamacher et al
Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
Pengertian Komputer menurut Elias M. Awad
Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data dialog.
Pengertian Komputer menurut Donald H. Sanderes
Komputer adalah sistem eletronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan didalam penyimpannya (Stored Program).
Pengertian Komputer menurut Larry Long & Nancy Long
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginteresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan dan operasi-operasi logik.
Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer
Pengertian Komputer menurut Larry Long & Nancy Long
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operas-operasi logik.
Pengertian Komputer menurut Williams Sawyer
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.
Pengertian Komputer menurut William M. Fuori
Koputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komputer menurut para ahli, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Sumber : inforakitankomputer.blogspot.co.id
MEDIA INPUT LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG
Input (Masukan) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer yang berupa signal atau maintenance input.
Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat digolongkan menjadi :
- Non Intelligent Terminal
- Smart Terminal
- Intelligent Terminal
Non Intelligent
Non Intelligent Terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini disebut sebagai dumb terminal.
Smart Terminal
Smart Terminal mempunyai alat pemroses dan memori didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya.
Intelligent
Intelligent Terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input langsung dan tidak langsung.
Alat Input Langsung
Alat Input Langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oelh alat pemroses, alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen), scanner, sensor, voice recognizer.
Alat Input Tidak Langsung
Alat Input Tidak Langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalu media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Sumber : nengtri.blogspot.co.id
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMPUTER
Siapa sih yang tidak tahu komputer, hampir semua orang tahu bukan? namun apakah sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari komputer? nah disini saya akan sedikit menjelaskannya, cekibrot..
Kelebihan Komputer
- Komputer dapat melatih dan melakukan klafikasi yang tinggi (Accuracy)
- Kommputer mampu menyimpan dan mengolah data dan jumlah besar (Capasity)
- Komputer mampu melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dengan kecepatan tinggi
- Komputer dapat melakukan pekerjaan berdasarkan kondisi yang kita inginkan
- Komputer memiliki daya ingat yang tinggi
- Komputer dapat menghasilkan informasi
- Komputer dapat dipergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain
- Komputer tidak dapat beroperasi tanpa intruksi
- Komputer tidak dapat beroperasi tanpa adanya pemakai/user
SEJARAH GENERASI KOMPUTER 1 SAMPAI 5
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari mulai dari mngerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembangan tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khusunya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didesain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju seangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuhan. Dan masih banyak lagi bidangp-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kamu mengenal berbagai tahapan perkembangan komputer baik generasi pertama, generasi kedua, generasi ketiga, keempat dan kelima sampai jaman modern ini.
PERKEMBANGAN GENERASI KOMPUTER
Untuk memahami sejarah komputer secara lengkap mari kita bahas bersama-sama sejarah generasi komputer mulai dari generasi pertama, kedua dan ketiga.
GENERASI PERTAMA (1940 - 1959)
ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)
ENIAC merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat besar.
ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklra, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resitor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2.
EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tiub tiub vakum juga telah dikurangi didalam EDVAC, dimana porses perhitungan telah menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)
EDSAC telah memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tube untuk menyimpan memori. Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.
UNIVAC I (Universal Automatic Calculator)
Pada tahun 1951 Dr. Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I, komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan. Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan dalam beberapa aspek pemrograman tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer general purpose pertama yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan menggunakan pita megnetik sebagai media input dan output-nya. Inilah yang dikatakan segabai kelahiran industri komputer yang didominasi oleh perusahaan IBM dan Sperry. Komputer UNIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan kalkulasi sensus di AS pada tahun 1951, dan dioperasikan sampai tahun 1963.
GENERASI KEDUA
IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 pada tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi dan merupakan komputer paling popiler sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.
Dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai swtich dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 penilit Intel memperkenalkan silikon paling kecil dan cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer atau sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada processor dengan kecepatan 20 GHx (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibandingkan dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen kedalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya komputer menjadi lebih kecil karena komponen-komponen dapat digunakan dalm chip. Kmajuan komputer generasi ketiga lainnya yaitu penggunaan IOperating System (OS) yang memungkikan satu komputer melakukan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitori dan mengkoordinasi memori komputer.
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Firchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa processor ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain processor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalm masa kurang dari setengah abad.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga ialah :
Contoh komputer generasi ke III adalah IBM S/260, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasin ketiga.
Banyak bahasa pemrogrmaan telah muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kebanyakan mikrokomputer didasari dengan tafsiran bahsa secara mendalam, chip ROM untuk menggunakan bahasa BASIC.
Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolaar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroporcessor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan processor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpupose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Sompatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal komputer (PC).
GENERASI KEEMPAT - Apple II
Perusahaan Inter pada tahun 1971 memperkenalkan 4 bit yang menggunakan chip processor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi perdetik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroporcessor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memiliki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).
Seringkali kita bingung untuk membedakan antara sistem informasi dengan teknologi informasi. Agar lebih mengerti, kita pelajari dahulu pengertian dari sistem informasi dengan teknologi informasi ini.
Perangkat keras juga merupakan bagian dari sistem komputer. Dimana pernagkat keras komputer berfungsi sebagai eksekutor dari perintah yang telah diprogramkan melalui perangkat lunak yang ditanamkan pada perangkat keras. Jadi perangkat keras bukan hanya berarti sebuah benda yang dapat dirasakan pancaindera tetapi juga harus memiliki keterkaitan dengan sistem komputer melalui perangkat lunak.
Perangkat keras pemrosesan disini yang dimaksud adalah Processor/CPU. Processor adalah otak dari sebuah sistem, otak dari sebuah komputer, dan otak dibalik segala yang dilakukan oleh sistem maupun komputer. Processor sebagai perangkat keras pemrosesan mempunyai tiga buah perangkat pembentuknya yaitu :
Perangkat keras Output berartibagian akhir proses. Didalam perangka keras output data dan informasi yang telah diolah oleh perangkat keras permosesan ditampilkan. Baik dalam bentuk fisik maupun elektronik, analog atau digital.
Contoh-contoh dari perangkat keras output adalah
Perangkat keras penyimpanan (memori) adalah tempat dimana semua data baik yang masih akan diproses ataupun yang telah selesai diproses disimpan. Perangkat keras penyimpanan dapat dibagi menjadi dua macam menurut kecepatan dan kemampuannya dalam menyimpan.
Memori Primer, yaitu perang keras pemnyimpanan yangan datanya sangat cepat tetapi data yang disimpan tidak permanen. Data di memory ini hanya dapat bertahan saat ada daya listrik yang mengalirnya (volatile). Memori ini berfungsi untuk membantu kerja processor untuk menyimpan data sementara disaat processor sedang mengeksekusi data lain. Memori jenis ini adalah jenis Random Acces Memory (RAM).
Memori Sekunder, yaitu perangkat keras penyimpanan yang kecepatan datanya lebih lambat tetapi data didalmnya dapat beratahan meskipun suplai daya telah dihentikan. Memmory jenis ini berfungsi untuk menyimpan data yang telah diolah shingga dapat dimanfaatkan kembali. Contohnya : Harddisk, SSD, Flashdisk, dll.
Sumber : markastekno.blogspot.co.id
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sbagai berikut :
- Menggunakan terknologi Sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
- Program sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language), sperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
- Kapasitas memori utama sudah cukup besar dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
- Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
- Proses operasi sudah lebih cepar, yaitu jutaan operasi perdetik.
- Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
- Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
- Kemampuan melakukan proses real t ime dan real-sharing.
- Orientasi program tidak hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
Dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai swtich dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 penilit Intel memperkenalkan silikon paling kecil dan cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer atau sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada processor dengan kecepatan 20 GHx (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibandingkan dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen kedalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya komputer menjadi lebih kecil karena komponen-komponen dapat digunakan dalm chip. Kmajuan komputer generasi ketiga lainnya yaitu penggunaan IOperating System (OS) yang memungkikan satu komputer melakukan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitori dan mengkoordinasi memori komputer.
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Firchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa processor ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain processor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalm masa kurang dari setengah abad.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga ialah :
- Karena menggunaka IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepar dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
- Peningkatan dari sisi software.
- Kapasitas memori lebih besar, dan dapt menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
- Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (ecternal disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
- Penggunaan listrik lebih hemat.
- Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
- Telah menggunak terminal visual display dan dapat mengeluarkan suaru.
- Harganya semakin murah.
- Kemampuan melakukan dengan komputer lain.
Contoh komputer generasi ke III adalah IBM S/260, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasin ketiga.
Banyak bahasa pemrogrmaan telah muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kebanyakan mikrokomputer didasari dengan tafsiran bahsa secara mendalam, chip ROM untuk menggunakan bahasa BASIC.
Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolaar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroporcessor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan processor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpupose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Sompatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal komputer (PC).
GENERASI KEEMPAT - Apple II
Perusahaan Inter pada tahun 1971 memperkenalkan 4 bit yang menggunakan chip processor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi perdetik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroporcessor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memiliki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).
GENERASI KELIMA
Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Processor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software didalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendomonasi kebutuhan software diduani PC.
Pada generasi ini komputer sudah emmpunyai bentuk umum yaitu terdiri dari :
- CPU (Central Processing Unit)
- Monnitor baik berupa LCD (Liquid Cyrstal Digital) maupun CRT (Cathode Ray Tube)
- Keyboard
- Mouse
Secara umum seperti itulah bentuk komputer pada generasi kelima atau pada masa kini. Namun karena kebutuhan yang dimiliki manusia semakin lama semakin kompleks dan untuk itu dibutuhkan jenis komputer yang sesuai dengan kebutuhan, untuk itu kebanyakan komputer pada generasi kelima ini dikembangkan fokus kepada hardware yang terdapat pada CPU agar bisa menyesuaikan dengan program atau software yang dibutuhkam, namun tidak berarti bentuk dari sebuah personal komputer itu sendiri tidak berkembang banyak juga yang sudah mengembangkan sebuah personal komputer agar mobilitasnya dapat menyesuaikan kebutuhan kita. Secara umum perkembangan komputer masa kini dapat dilihat dari berkembangnya komponen mikroporsesornya.
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya menufaktur PC-Compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar harware dan software dunia.
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan penngembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusian dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai "Artificial Intelligence" selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan pada tahun 1989 yang memilki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga processor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2,3 dan 4.
Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan procesor dengan arsitektur 64bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan processor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32bit. Perlu diketahui bahwa mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.
Pada generasi pentium, selain ciri khas pada penigkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.
Demikianlah informasi perkembangan generasi komputer semoga bisa bermanfaat.
Sumber : materitkj.com
Sumber : materitkj.com
PERBEDAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
Seringkali kita bingung untuk membedakan antara sistem informasi dengan teknologi informasi. Agar lebih mengerti, kita pelajari dahulu pengertian dari sistem informasi dengan teknologi informasi ini.
Agar jelas saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu teknologi?
Pengertian Teknologi
Pengertian Teknologi sesungguhnya berasal dari bahasa perancis yakni "la teknique" yang bisa disimpulkan dengan "semua sistem yang dikerjakan didalam usaha untuk mewujudkan suatu hal dengan rasional". Didalam perihal ini yang ditujukan dengan suatu hal tersebut barangkali berbentuk benda atau konsep, pembatasan langkah yakni dengan rasional yaitu penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan suatu tersebut bisa dikerjakan secara berulang (repetisi).
Teknologi didalam arti ini bisa diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang sukses dibikin oleh manusia untuk meringankan serta menggampangkan realisasi hidupnya didalam dunia. Hal mana juga menunjukkan tentang bentuk dari karya cipta serta karya seni (yunani techne) manusia sebagai homo technique. Dari sini muncullah arti "teknologi", yang bermakna pengetahuan yang mempelajari tentang "techne" manusia.
Namun pemahaman seperti itu baru menunjukkan satu sisi saja dari kandungan kata "teknologi". Teknologi sesungguhnya kian lebih sebatas penciptaan barang, benda atau alat dari manusia sebagai homo technicus atau homo faber. Teknologi apalagi sudah jadi suatu sistem atau susunan didalam eksistensi manusia didalam dunia.
Teknologi bukan lagi sebatas sebagai satu hasil dari daya yang ada didalam kekuatan serta keunggulan manusia, namun apalagi ia sudah jadi satu "daya pencipta" yang terdiri di luar kekuatan manusia, yang pada gilirannya lantas membentuk serta menciptakan satu komunikasi manusia yang lain.
Teknologi juga penerapan keilmuan yang pelajari serta mengembangkan kekauatan dari satu rekayasa dengan langkah serta tehnik spesifik didalam satu bidang. Teknologi adalah aplikasi pengetahuan serta engineering untuk mengembangkan mesin serta prosedur supaya memperluas serta melakukan perbaikan situasi manusia atau sekurang-kurangnya melakukan perbaikan efisiensi manusia pada beberapa aspek.
Perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi
Sistem Informasi yaitu sistem terintegrasi yang dapat menyediakan informasi yang berguna untuk penggunanya. Namun teknologi informasi yaitu hasil rekayasa manusia pada proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima hingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, serta lebih lama penyimpananya.
atau
Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mngirimkan informasi (Martin, 1999). Semua bidang membutuhkan teknologi informasi, baik hukum, ekonomi, perbankan, kesehatan, dll.
Dari pengertian diatas, bisa saya simpulkan Perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi adalah Sistem Informasi mencakup seluruh sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi, akuntansi, manajemen, dll didalamnya, sedangkan Teknologi Informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll.
Dikutip dari berbagai sumbe
Dikutip dari berbagai sumbe
PERANGKAT KERAS
Perangkat Keras Komputer adalah semua bagian fisik komputer yang berfungsi untuk memberikan masukan mengolah dan menampilkan keluaran, dan digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan. Tetapi secara gampangnya kita dapat mengambil empat kata pertama dari pengertian tersebut yaitu semua bagian fisik komputer, karena definisi perangkat keras menurut bahasa memang adalah bentuk fisik yang dapat dirasakan oleh pancaindera.
Pembagian Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras komputer sesuai dengan pembagian tugasnya dibagi menjadi tiga, yaitu :
1. Perangkat Keras Input (Masukan)
Perangkat keras input adalah segala sesuatu perangkat keras yang memberikan inputan atau masukan kepada sistem untuk diproses. Dari pengertian ini kita dapat mengambil suatu kesimpilan bahwa setiap perangkat keras yang mempunyai bentuk inputan dapat tergolong sebagai perangkat keras input. Bentuk inputan disini berarti perangkat keras tersebut mempunyai sesuatu untuk ditekan, digerakkan atau dapat enerima perintah kita dalam bentuk lain untuk direuskan kepada sistem sebagai inputan.
Beberapa contoh dari perangkat keras Input adalah :
- Keyboard
- Mouse
- Scanner
Perangkat keras pemrosesan disini yang dimaksud adalah Processor/CPU. Processor adalah otak dari sebuah sistem, otak dari sebuah komputer, dan otak dibalik segala yang dilakukan oleh sistem maupun komputer. Processor sebagai perangkat keras pemrosesan mempunyai tiga buah perangkat pembentuknya yaitu :
- Arithmetic Logic Unit (ALU), bagian dari processor yang berfungsi untuk menyelesaikan perhitungan matematika dengan bantuan rumus logika sederhana.
- Register, tempat penyimpanan data sementara yang berada didalam processor untuk menunggu proses perhitungan atau perhitungan kembali oleh ALU.
- CPU Interconnection, ditemukan setelah adanya processor dengan lebih dari satu ini. Bagian processor inilah yang menghubungkan inti-inti tersebut dan mengatur lalu lintas datanya.
Perangkat keras Output berartibagian akhir proses. Didalam perangka keras output data dan informasi yang telah diolah oleh perangkat keras permosesan ditampilkan. Baik dalam bentuk fisik maupun elektronik, analog atau digital.
Contoh-contoh dari perangkat keras output adalah
- Layar Monitor
- Speaker
- Printer
Perangkat keras penyimpanan (memori) adalah tempat dimana semua data baik yang masih akan diproses ataupun yang telah selesai diproses disimpan. Perangkat keras penyimpanan dapat dibagi menjadi dua macam menurut kecepatan dan kemampuannya dalam menyimpan.
Memori Primer, yaitu perang keras pemnyimpanan yangan datanya sangat cepat tetapi data yang disimpan tidak permanen. Data di memory ini hanya dapat bertahan saat ada daya listrik yang mengalirnya (volatile). Memori ini berfungsi untuk membantu kerja processor untuk menyimpan data sementara disaat processor sedang mengeksekusi data lain. Memori jenis ini adalah jenis Random Acces Memory (RAM).
Memori Sekunder, yaitu perangkat keras penyimpanan yang kecepatan datanya lebih lambat tetapi data didalmnya dapat beratahan meskipun suplai daya telah dihentikan. Memmory jenis ini berfungsi untuk menyimpan data yang telah diolah shingga dapat dimanfaatkan kembali. Contohnya : Harddisk, SSD, Flashdisk, dll.
Sumber : markastekno.blogspot.co.id
PERANGKAT LUNAK
Komputer tidak akan lepas dari perangkat lunak (software) karena merupakan salah satu bagian terpenting dari komputer itu sendiri. Komputer merupakan sistem elektronik yang fungsinya memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yang telah dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Agar dapat melakukan tugasnya itu maka diperlukanlah perangkat lunak (software), mengapa harus software (perangkat lunak)? yuk kita baca pengertiannya supaya mengetahui jawabannya.
Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer
Pengertian perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan penngguan komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Fungsi Perangkat Lunak (Software)
Ada beberapa fungsi dari perangkat lunak (software) diantaranya : fungsi perangkat lunak adalah memproses data atau perintah/intruksi hingga mendapatkan hasil atau menjalankan sebuah perintah-perintah, berfungsi sebagai sarana interaksi yang menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.
3 Golongan Perangkat Lunak (Software)
Sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalankan suatu software aplikasi. Contoh program berbasis windows hanya dapat dijalankan pada sistem operasi windows tidak dapat dijalnankan di linux kecuali menggunakan program converter.
Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software sistem operasi yang dapat digunakan seperti dari perusahaan yang paling terkenal sebagai pembuat sistem operasi yaitu "Microsoft" yang dimiliki oleh orang terkaya didunia "Bill Gates" dan beberapa produk yang sudah diluncurkan diantaranya adalah Microsoft Windows, sedangkan pesaingnya ada dari linux dan apple.
2. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman (programming language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada banyak bahasa pemrograman contohnya bahasa C, C++, Visual Basic, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang pembuatan harus mengguanak perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.
3. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuta surat, mendengarkan musik dan masih banyak lagi. Contoh program aplikasi sperti Microsoft Word, Winamp, dll.
Sumber : infokomputerrakitan.blogspot.co.id
Brainware termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekejra yanpa adanya brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.
Konsep antara hardware-software-brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam perangkat komputer. Lalu setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaanya.
Sumber : pengertianku.net
3 Golongan Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :
1. Sistem Operasi
Software sistem operasi merupakan suatu software komplek yang mempunyai banyak fungsi.
- Untuk mengukur semua perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU.
- Menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU.
- Mengatur semua proses yang terjadi didalam CPU.
Sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalankan suatu software aplikasi. Contoh program berbasis windows hanya dapat dijalankan pada sistem operasi windows tidak dapat dijalnankan di linux kecuali menggunakan program converter.
Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software sistem operasi yang dapat digunakan seperti dari perusahaan yang paling terkenal sebagai pembuat sistem operasi yaitu "Microsoft" yang dimiliki oleh orang terkaya didunia "Bill Gates" dan beberapa produk yang sudah diluncurkan diantaranya adalah Microsoft Windows, sedangkan pesaingnya ada dari linux dan apple.
2. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman (programming language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada banyak bahasa pemrograman contohnya bahasa C, C++, Visual Basic, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang pembuatan harus mengguanak perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.
3. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuta surat, mendengarkan musik dan masih banyak lagi. Contoh program aplikasi sperti Microsoft Word, Winamp, dll.
Sumber : infokomputerrakitan.blogspot.co.id
BRAINWARE
Pengertian brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoperasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer.
Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem didalam perangkat komputer. Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) mamupun perangkat lunak (software) yang mengoperasikan komputer serin disebut dengan user, user atau brainware ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini :
Analis Sistem
Orang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekonmendasikan pemilihan pernagkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Administrator
Orang yang bertugas mengelola sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.
Progammer
Orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer apat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
Operator
Orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, mewarat sistem komputer dan sebagainya.
Teknisi
Orang yang mengkhususkan diri didalam bidang perbaikan pemeliharaan sistem, dan peralatan komputer.
Brainware termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekejra yanpa adanya brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.
Konsep antara hardware-software-brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam perangkat komputer. Lalu setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaanya.
Sumber : pengertianku.net

0 komentar:
Post a Comment