Pengertian Data, Sistem Dan Konsep Dasar Informasi

pendahuluan


DEFINISI KOMPUTER

Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan meamnfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Berikut Adalah Definisi Informatika Menurut Beberapa Sumber :

1. Menurut Institut Teknologi Bandung (ITB)

Teknik Informatika adalah sekumpulan disiplin ilmu yang mengolah fakta berlambang data dan informasi menggunakan mesin (komputer).

2. Menurut Wikipedia

Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

3. Menurut IT

Pengertian Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Ada juga yang mengartikan teknik informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat (hardware/software/sistem/perangkat) yang dapat menghasilkan dan mendistribusikan informasi.

Tidak sedikit pakar komputer mengartikan informatika dengan adanya kata disiplin ilmu, karena teknik informatika dalah ilmu yang terstruktur, sistematis dan logi. Imu yang berkembang dengan pesat dalam kurun waktu yang singkat.

Lalu Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika yah?

Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisa, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak, dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :

1. Sistem Informasi

Memberikan pengetahuan dan oengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetahuan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah analisa dan desain obyek, penyempurnaan proses rekayasa, inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangakat lunak, pemrograman basis data client server.

3. Pemrograman dan Komputasi

Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup komputasi, komputasi paralel, sistem terdistribusi, teknologi antar jaringan.

4. Arsitektur dan Jaringan Komputer

Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah arsitektur komputer, organisasi komputer, elektronika, sistem digital, sistem mikroprosesor, jaringan komputer, dll.

Prospek Lulusan Teknik Informatika

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tinggiya kebutuhan pengembangan perangakat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan teknik informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan teknik informatika antara lain adalah programmer, sistem analis, web designer, software engineer/web engineer, computer network/data communication engineer, instansi pemerintah dan lembaga penelitian, lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).

Profesi Lulusan Teknik Informatika

1. Networking, gajinya lumayan tinggi sekitar 5-7 juta bila bekerja dengan lisensi. Networking atau jaringan ada dua type yaitu open source dan lisensi.
2. Analysis, biasanya pekerjaannya sebagai desain program dan gajinya lebih tinggi daripada seorang programmer, tugas utamanya mendesain sesuatu dan menyuruh seorang programmer untuk membuat program.
3. Programmer, butuh keahlian khusus untuk bisa menguasai pemrograman, terutama logika, banyak sekali programmer yang ada di indonesia nemun sedikit yang bisa diandalkan untuk negara kita.
4. Data Base Administrator, ada dua type yaitu open source (mySQL, PQ Admin) dan lisen (Oracle, microsoft SQL server).
5. Desainer, kasta paling rendah dalam IT, gajinya paling rendah namun banyak disukai, hanya sebagai penggemar IT, pengguna CMS, misal pengguna joomla, type ini hanya bisa megganti template namun tidak bisa memprogrammnya.

Dikutip dari berbagai sumber


PENGERTIAN DATA, SISTEM DAN KONSEP DASAR INFORMASI

Pengertian Data

Data merupakan bahan baku dari suatu informasi. Edhy Sutanta (2004: 4) mengemukakan bahwa "Data dapat didefinisikan sebaga bahan keterangan tentang kejadian-kejadian nyata atau fakta-fakta yang dirumuskan dalam kelompok lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan atau hal".

Sedangkan Wilkinson (dalam Abdul Kadir, 2009: 3) menyatakan bahwa "Data adalah fakta, angak, bahkan simbol mentah. Secara bersama-sama merupakan masukan bagi suatu sistem informasi".

Pengertian Sistem

Pengertian sistem menurut Pamudji adalah suatu keseluruhan dan kebulatan yang kompleks atau tersusun rapu dimana suatu perpaduan atau himpunan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu keseluruhan yang utuh atau kompleks.

Menurut Poerwdarminta, sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang bekerja secara bersama agar dapat melakukan sesuatu maksud. Jika salah satu bagiannya yang rusak atau tidak dapat menjalankan tugas maka maksud tidak akan tercapai atau tidak terpenuhi atau sistem yang terwujud akan mendapatkan sebuah gangguan.

Konsep Dasar Informasi

"Informasi merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang". Edhy Sutanta (2004: 4)

Hoffer, dkk. (dalam Abdul Kadir, 2009: 3) mengemukakakn bahwa "Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakannya".

Sedangkan Tata Sutabri (2003: 23) menyebutkan bahwa "Informasi adalah data yang telah diklasifikasi atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan".

Definisi menurut Azhar Susanto (2004b: 55) dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer menjelaskan bahwa "Sistem informasi adlah kumpulan dari sub-sub sistem baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerjasama secara harmonis untuk satu tujuan mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna".

Dikutip dari berbagai sumber


PENGERTIAN PERANGKAT KERAS

Perangkat Keras Komputer adalah semua bagian fisik komputer yang berfungsi untuk memberikan masukan mengolah dan menampilkan keluaran, dan digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan. Tetapi secara gampangnya kita dapat mengambil empat kata pertama dari pengertian tersebut yaitu semua bagian fisik komputer, karena definisi perangkat keras menurut bahasa memang adalah bentuk fisik yang dapat dirasakan oleh pancaindera.

Perangkat keras juga merupakan bagian dari sistem komputer. Dimana pernagkat keras komputer berfungsi sebagai eksekutor dari perintah yang telah diprogramkan melalui perangkat lunak yang ditanamkan pada perangkat keras. Jadi perangkat keras bukan hanya berarti sebuah benda yang dapat dirasakan pancaindera tetapi juga harus memiliki keterkaitan dengan sistem komputer melalui perangkat lunak.

Pembagian Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras komputer sesuai dengan pembagian tugasnya dibagi menjadi tiga, yaitu :

1. Perangkat Keras Input (Masukan)
Perangkat keras input adalah segala sesuatu perangkat keras yang memberikan inputan atau masukan kepada sistem untuk diproses. Dari pengertian ini kita dapat mengambil suatu kesimpilan bahwa setiap perangkat keras yang mempunyai bentuk inputan dapat tergolong sebagai perangkat keras input. Bentuk inputan disini berarti perangkat keras tersebut mempunyai sesuatu untuk ditekan, digerakkan atau dapat enerima perintah kita dalam bentuk lain untuk direuskan kepada sistem sebagai inputan.

Beberapa contoh dari perangkat keras Input adalah :
  • Keyboard
  • Mouse
  • Scanner
2. Perangkat Keras Pemrosesan
Perangkat keras pemrosesan disini yang dimaksud adalah Processor/CPU. Processor adalah otak dari sebuah sistem, otak dari sebuah komputer, dan otak dibalik segala yang dilakukan oleh sistem maupun komputer. Processor sebagai perangkat keras pemrosesan mempunyai tiga buah perangkat pembentuknya yaitu :
  • Arithmetic Logic Unit (ALU), bagian dari processor yang berfungsi untuk menyelesaikan perhitungan matematika dengan bantuan rumus logika sederhana.
  • Register, tempat penyimpanan data sementara yang berada didalam processor untuk menunggu proses perhitungan atau perhitungan kembali oleh ALU.
  • CPU Interconnection, ditemukan setelah adanya processor dengan lebih dari satu ini. Bagian processor inilah yang menghubungkan inti-inti tersebut dan mengatur lalu lintas datanya.
3. Perangkat Keras Output (Keluaran)
Perangkat keras Output berartibagian akhir proses. Didalam perangka keras output data dan informasi yang telah diolah oleh perangkat keras permosesan ditampilkan. Baik dalam bentuk fisik maupun elektronik, analog atau digital.
Contoh-contoh dari perangkat keras output adalah
  • Layar Monitor
  • Speaker
  • Printer
4. Perangkat Keras Penyimpanan
Perangkat keras penyimpanan (memori) adalah tempat dimana semua data baik yang masih akan diproses ataupun yang telah selesai diproses disimpan. Perangkat keras penyimpanan dapat dibagi menjadi dua macam menurut kecepatan dan kemampuannya dalam menyimpan.

Memori Primer, yaitu perang keras pemnyimpanan yangan datanya sangat cepat tetapi data yang disimpan tidak permanen. Data di memory ini hanya dapat bertahan saat ada daya listrik yang mengalirnya (volatile). Memori ini berfungsi untuk membantu kerja processor untuk menyimpan data sementara disaat processor sedang mengeksekusi data lain. Memori jenis ini adalah jenis Random Acces Memory (RAM).

Memori Sekunder, yaitu perangkat keras penyimpanan yang kecepatan datanya lebih lambat tetapi data didalmnya dapat beratahan meskipun suplai daya telah dihentikan. Memmory jenis ini berfungsi untuk menyimpan data yang telah diolah shingga dapat dimanfaatkan kembali. Contohnya : Harddisk, SSD, Flashdisk, dll.

Sumber : markastekno.blogspot.co.id


PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK

Komputer tidak akan lepas dari perangkat lunak (software) karena merupakan salah satu bagian terpenting dari komputer itu sendiri. Komputer merupakan sistem elektronik yang fungsinya memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yang telah dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Agar dapat melakukan tugasnya itu maka diperlukanlah perangkat lunak (software), mengapa harus software (perangkat lunak)? yuk kita baca pengertiannya supaya mengetahui jawabannya.

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer

Pengertian perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan penngguan komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Fungsi Perangkat Lunak (Software)

Ada beberapa fungsi dari perangkat lunak (software) diantaranya : fungsi perangkat lunak adalah memproses data atau perintah/intruksi hingga mendapatkan hasil atau menjalankan sebuah perintah-perintah, berfungsi sebagai sarana interaksi yang menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.

3 Golongan Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga golongan, yaitu :

1. Sistem Operasi

Software sistem operasi merupakan suatu software komplek yang mempunyai banyak fungsi.
  • Untuk mengukur semua perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU.
  • Menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU.
  • Mengatur semua proses yang terjadi didalam CPU.

Sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalankan suatu software aplikasi. Contoh program berbasis windows hanya dapat dijalankan pada sistem operasi windows tidak dapat dijalnankan di linux kecuali menggunakan program converter.

Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software sistem operasi yang dapat digunakan seperti dari perusahaan yang paling terkenal sebagai pembuat sistem operasi yaitu "Microsoft" yang dimiliki oleh orang terkaya didunia "Bill Gates" dan beberapa produk yang sudah diluncurkan diantaranya adalah Microsoft Windows, sedangkan pesaingnya ada dari linux dan apple.

2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman (programming language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada banyak bahasa pemrograman contohnya bahasa C, C++, Visual Basic, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang pembuatan harus mengguanak perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.

3. Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuta surat, mendengarkan musik dan masih banyak lagi. Contoh program aplikasi sperti Microsoft Word, Winamp, dll.

Sumber : infokomputerrakitan.blogspot.co.id


PENGERTIAN BASIS DATA

Menurut "Stephens dan Plew (2000), adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai alasan. Dengan basisdata pengguna dapat menyimpan data secara terorganisasi. Setelah data disimpan, informasi harus mudah diambil. Kriteria dapat digunakan untuk mengambil informasi. Cara data disimpan dalam basisdata menentukan seberapa mudah mencari informasi berdasarkan banyak kriteria. Data pun harus mudah ditambahkan kedalam basisdata, dimodifikasi, dan dihapus"

Menurut "Siberschatz, dkk. (2002), mendifinisikan basisdata sebagai kimpulan data berisis informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan. System manajemen bbasisdata (DBMS) adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan kumpulan program untuk mengakses data. Tujuan utama system manajemen basisdata adalah menyendiakan cara menyimpan dan mengambil informasi basis data secara mudah dan efisien."

Menurut "Ramakrishnan dan Gehrke (2003), basisdata sebagai kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan". Misalnya, basisdata universitas mungkin berisi informasi mengenai hal berikut :
  1.  Entitas, seperti mahasiswa, fakultas, mata kuliah dan ruang kuliah
  2. Hubungan antaretitas, seperti registrasi mahasiswa dalam mata kuliah, fakultas yang mengajarkan mataa kuliah, dan penggunaan ruang untuk kuliah.
Menurut "McLeod, dkk, (2001), basisdata adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis computer milik organisasi. System manajemen basisdata adalah aplikasi perangkat lunak yang menyimpan struktur basisdata, hubungan antar data dalam basis data, serta sebagai formulir dan laporan yang berkaitan dengan basis data. Basis data yang dikendalikan oleh system manajemen basisdata adalah satu set catatan data yang berhubungan dan saling menjelaskan".

 CONTOH BASIS DATA

Basisdata warisan (legacy database) adalah basis data yang sedang digunakan oleh sebuah perusahaan. Istilah warisan menyatakan bahwa basis data telah dipakai selama beberaoa tahun dan basis data yang ada tidak sesuai dengan teknologi masa kini. Ketika sebuah perusahaan telah menentukan untuk merancang sebuah basis data, basis data yang ada dianggap sebagai basisdata warisan.

Contoh basis data yang kita kenal adalah :
  1. Buku Telepon
  2. Buku Alamat
  3. Katalog Perpustakaan
  4. Toko Buku Online
  5. Peta Jalan
Beberapa basis data diatas merupakan basisdata statis, sedangkan yang lainnya dinamis. Sebagai contoh, peta jalan adalah basisdata statis yang mengandung informasi seperti kota, arah, jarak dan sebagainya. Dengan melihat sebuah peta, anda cepat menemukan tujuan relative terhadap posisi anda sekarang. Informasi pada peta tidak berubah dalam waktu lama. Buku telepon pun merupakan basisdata statis karena informasi didalamnya hanya dicetak setiap tahun. Buku alamat adalah contoh basis data dinamis yang banyak digunakan sehari-hari, buku alamt merupakan basis data dinamis karena isinya dapat diubah dengan cepat, Alamat teman baru dapat ditambahkan an alamat teman lama dapat dihapus dengan mudah.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa basis data adalah kumpulan informasi yang disusun berdasarkan cara tertentu dan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Dengan sistem tersebut data yang terhimpun dalam suatu database dapat menghasilkan informasi yang berguna.

Dari definisi ini, terdapat tiga hal yang berhubungan dengan basis data, yaitu sebagai berikut :
  1. Data itu sendiri yang diorganisasikan dalam bentuk basisdata (database).
  2. Simpanan permanen (storage) untuk menyimpan basis data tersebut. Simpanan ini merupakan bagian dari teknologi perangkat keras yang digunakan disistem informasi. Simpanan yang permanen umunya digunakan berupa harddisk.
  3. Perangkat lunak untuk memanipulasi basis datanya, perangkat lunak ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahasa oemrograman komputer atau dibeli dalam bentuk suatu paket. Banyak paket perangkat lunak yang disediakan untuk memanipulasi basis data. Perangkat lunak ini deisebut dengan DBMS (Data Base Management System), contoh DBMS yang terkenal misalnya dBASE, Fox, Bse, Microsoft Acces, Oracle dan lain-lain. DBMS yang populer untuk mengolah basis data sekarang ini adalah RDBMS (Relational Data Base Management System), RDBMS menggambarkan fieldd dari data dan bagian baris menunjukkan record dari data.
Sumber : informatika.web.id


PENGERTIAN BRAINWARE


Pengertian brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoperasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer.

Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem didalam perangkat komputer. Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) mamupun perangkat lunak (software) yang mengoperasikan komputer serin disebut dengan user, user atau brainware ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini :

Analis Sistem

Orang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekonmendasikan pemilihan pernagkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

Administrator

Orang yang bertugas mengelola sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.

Progammer

Orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer apat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

Operator

Orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, mewarat sistem komputer dan sebagainya. 

Teknisi

Orang yang mengkhususkan diri didalam bidang perbaikan pemeliharaan sistem, dan peralatan komputer.

Brainware termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekejra yanpa adanya brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.

Konsep antara hardware-software-brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam perangkat  komputer. Lalu setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaanya.

Sumber : pengertianku.net


PENGERTIAN TEKNIK INFORMATIKA

Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan meamnfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Berikut Adalah Definisi Informatika Menurut Beberapa Sumber :

1. Menurut Institut Teknologi Bandung (ITB)

Teknik Informatika adalah sekumpulan disiplin ilmu yang mengolah fakta berlambang data dan informasi menggunakan mesin (komputer).

2. Menurut Wikipedia

Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

3. Menurut IT

Pengertian Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Ada juga yang mengartikan teknik informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat (hardware/software/sistem/perangkat) yang dapat menghasilkan dan mendistribusikan informasi.

Tidak sedikit pakar komputer mengartikan informatika dengan adanya kata disiplin ilmu, karena teknik informatika dalah ilmu yang terstruktur, sistematis dan logi. Imu yang berkembang dengan pesat dalam kurun waktu yang singkat.

Lalu Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika yah?

Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisa, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak, dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :

1. Sistem Informasi

Memberikan pengetahuan dan oengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetahuan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah analisa dan desain obyek, penyempurnaan proses rekayasa, inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangakat lunak, pemrograman basis data client server.

3. Pemrograman dan Komputasi

Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup komputasi, komputasi paralel, sistem terdistribusi, teknologi antar jaringan.

4. Arsitektur dan Jaringan Komputer

Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah arsitektur komputer, organisasi komputer, elektronika, sistem digital, sistem mikroprosesor, jaringan komputer, dll.

Prospek Lulusan Teknik Informatika

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tinggiya kebutuhan pengembangan perangakat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan teknik informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan teknik informatika antara lain adalah programmer, sistem analis, web designer, software engineer/web engineer, computer network/data communication engineer, instansi pemerintah dan lembaga penelitian, lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).

Profesi Lulusan Teknik Informatika

1. Networking, gajinya lumayan tinggi sekitar 5-7 juta bila bekerja dengan lisensi. Networking atau jaringan ada dua type yaitu open source dan lisensi.
2. Analysis, biasanya pekerjaannya sebagai desain program dan gajinya lebih tinggi daripada seorang programmer, tugas utamanya mendesain sesuatu dan menyuruh seorang programmer untuk membuat program.
3. Programmer, butuh keahlian khusus untuk bisa menguasai pemrograman, terutama logika, banyak sekali programmer yang ada di indonesia nemun sedikit yang bisa diandalkan untuk negara kita.
4. Data Base Administrator, ada dua type yaitu open source (mySQL, PQ Admin) dan lisen (Oracle, microsoft SQL server).
5. Desainer, kasta paling rendah dalam IT, gajinya paling rendah namun banyak disukai, hanya sebagai penggemar IT, pengguna CMS, misal pengguna joomla, type ini hanya bisa megganti template namun tidak bisa memprogrammnya.

Dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment