Alternatif Syntax Highlighter, Lebih Ringan Untuk Blog

Alternatif Syntax Highlighter, Lebih Ringan Untuk Blog


Semakin menjamurnya blog ber-niche tutorial di indonesia pastinya dibarengi dengan semakin diperlukannya Syntax Highlighter untuk mendukung tutorial yang terdapat kode bahasa pemrogramannya, boleh saja tidak memakai Syntax Highlighter namun rasa-rasanya kurang menarik blog tutorial kalau tidak memakai Syntax Highlighter untuk membungkus kodenya. Syntax Highlighter banyak sekali ragam bentuknya dan tampilannya namun terkadang jika kita memasangnya maka saat loading blog akan bertambah berat, nah karena kasus tersebut saya ingin sedikit berbagi tentang Syntax Highlighter yang lebih ringan dari yang biasa (yang tersebar di internet).

Pastebin adalah web pembungkus kode-kode bahasa pemrograman, Pastebin mendukung semua bahasa pemrograman jadi anda tidak usah khawatir. Ok langsung saja saya praktekan cara memasang Pastebin ke postingan/artikel blog.

1. Pertama, buka dahulu web Pastebin
2. Kemudian silahkan anda login, bisa menggunakan akun Facebook, Twitter atau Google
3. Setelah masuk, anda lihat bagian atas dan klik New Paste seperti gambar dibawah

Setelah masuk, anda lihat bagian atas dan klik New Paste seperti gambar dibawah

4. Lalu pada tampilan seperti dibawah anda tinggal memasukkan source code bahasa pemrograman manapun didalam kolom New Paste nya, contoh saya memasukkan kode dengan bahasa Java.

Lalu pada tampilan seperti dibawah anda tinggal memasukkan source code bahasa pemrograman manapun didalam kolom New Paste nya, contoh saya memasukkan kode dengan bahasa Java.

5. Kemudian anda scroll kebawah dan atur Optional Paste Settings nya, karena saya menggunakan bahasa Java maka settingannya seperti ini.

Sytanx Highlighting : Jenis bahasa pemrogramannya (contoh saya menggunakan Java)
Paste Expiration : Berapa lama berlakunya source kode tersebut (contoh 1 jam atau selamanya maka pilih never)
Paste Exposure : Jenis publikasi source code tersebut (contoh misal public atau private)
Paste Name/Title : Judul dari source code yang anda paste kan tersebut (contoh Program Input Data Diri Sederhana)

Kemudian anda scroll kebawah dan atur Optional Paste Settings nya, karena saya menggunakan bahasa Java maka settingannya seperti ini.  Sytanx Highlighting : Jenis bahasa pemrogramannya (contoh saya menggunakan Java) Paste Expiration : Berapa lama berlakunya source kode tersebut (contoh 1 jam atau selamanya maka pilih never) Paste Exposure : Jenis publikasi source code tersebut (contoh misal public atau private) Paste Name/Title : Judul dari source code yang anda paste kan tersebut (contoh Program Input Data Diri Sederhana)

6. Lalu jangan lupa centang Paste as a guest, kemudian jika sudah klik Create New Paste
7. Kemudian pada tampilan seperti gambar dibawah anda pilih saja embed

Kemudian pada tampilan seperti gambar dibawah anda pilih saja embed

8. Kemudian anda pilih yang nomor satu saja JavaScript Embedding, lalu pastekan kodenya di postingan, ingat untuk mempastekan kode tersebut harus pada halaman HTML jangan di Compose yah.

Kemudian anda pilih yang nomor satu saja JavaScript Embedding, lalu pastekan kodenya di postingan, ingat untuk mempastekan kode tersebut harus pada halaman HTML jangan di Compose yah.

9. Publikasin postingannya dan hasilnya akan seperti ini. CMIIW

0 komentar:

Post a Comment