Akses HTTPS Dan Membuat Domain Windows Server 2012 R2


Haiii guys... kembali lagi bersama saya fahmi latief munir, di blog yang mungkin bisa bermanfaat buat kalian.
Oke disini saya akan melanjutkan post saya sebelumnya yaitu "Konfigurasi HTTPS" dan sekarang saya akan membahas tentang "Membuat Domain dan Akses HTTPS"..

Jika kalian ingin melihat post saya sebelumnya tentang HTTPS silahkan klik ---->>>>DISINI<<<<----

Oke disini client menggunakan windows 10, jadi pada post sebelumnya melakukan konfigurasi, sekarang saat nya kita terapkan pada client kita yaitu windows 10...

Oke langsung saja ke konfigurasinya...


Oke pertama - tama kita tambahkan terlebih dahulu domainnya, disin saya akan membuat domain "fahmi.com", jadi disini saya membuat satu lagi domainnya.... untuk membuat lagi domain baru, kita masuk dulu ke "DNS Manager" dan klik kanan di "forward lookup zones" dan akan ada sub menu, lalu pilih "New Zone"....



Makan akan muncul windows baru, disini kalian klik saja "Next"...


Selanjutnya kalian pilih "Primary zone" lalu kalian klik "Next"...


Setelah itu kalian masuk ke tahap "Active Directory Zone Relication Scope" yang artinya kita memilih data dns yang akan direplika atau di copy akan seperti apa...
dan ditahap ini pilih "to all dns server running on domain controllers in this domain : fahmi.net" artinya kita memilih semua dns yang berjalan di domain controller fahmi.net... lalu kalian klik "Next"....


Selanjutnya kita ke tahap "Zone name" atau memberi na zone baru yang akan dibuat, dan disini kalian bisa mengisi nya sesuai keinginan kalian, contoh nya saya disini membuat domain "fahmi.com" dan setelah itu kalian klik "Next"....


Setelah itu kalian pilih "Allow only secure dyamic updates", saya memilih ini karena sudah direkomendasikan dari sananya, setelah itu kalian klik "Next"...


Setelah itu kalian konfirmasi lagi apakah sudah benar nama domainnya dan type nya, jika sudah benar kalian bisa klik "Finish"...


Maka hasilnya akan seperti gambar diatas...


Lalu kalian tambahkan host baru yaitu "www" pada domain baru kalian, cara nya sudah saya jelaskan di post sebelumnya....


Selanjutnya kita masuk ke tahap untuk konfigurasi websitenya, dan sebelum itu kita buat terlebih dahulu sertifikatnya, disini saya sudah membuat 1 sertifikat , dan saya yakin kalian sudah tau cara membuat sertifikatnya karena saya sudah menjelasknannya di post sebelumnya....


Lalu kita buat folder untuk menampung data dari website yang akan dibuat di "C:\inetpub" dan buat dengan ada "wwwroot" di awalannya, contohnya "wwwroot-fahmi.com", oke kita buat 2 folder, karena saya akan membuat 2 website yap...



Lalu kalian isi kedua folder yang sudah dibuat tadu dengan file yang ada di dalam folder "wwwroot" maka hasilnya seperti gambar diatas.... dan siapkan juga file gambar yang kalian buat dengan paint untuk tampilan website kalian, contohnya seperti gambar diatas di masing masing folder nya.....


Kalian edit html "iisstart" menggunan notepad di masing masing folder...



Setelah itu kalian ganti / edit source image nya dengan nama gambar yang sudah kalian buat tadi dimasing masing folder....


Lalu kita tambahkan website baru dengan memilih "add website" di pojok kanan seperti yang saya tandakan diatas...


Selanjutnya akan muncul windows baru, disini kalian disuruh mengisi beberapa kolom..

Penjelasan Sedikit :
-  Site name = isi dengan nama website yang kalian mau.
- Physical Path = isi dengan lokasi folder yang tadi kalian sudah buat tadi, dan itu folder yang akan menampung data websitenya.
- Type = isi dengan HTTPS, pilih HTTPS karena kita mengakses webste nya melalui HTTPS
-  Hostname = isi dengan domain websitenya.
- SSL certificate = isi dengan SSL certificate yang sudah dibuat tadi.

Lalu klik "OK" jika sudah selesai...


Lalu tambahkan 1 website lagi dan isi seperti tahap yang sebelmunnya, tetapi foldernya bedakan...


Maka hasilnya akan seperti gambar diatas, yag saya tandakan....


Kita coba test PING / test koneksi ke 2 website yang sudah dibuat tadi, dan pastikan hasilnya reply...


Setelah itu kita akses "https://fahmi.net" dan hasilnya akan ada pemberitahuan seperti gambar diatas, pilih saja "continue to this website"... untuk melanjutkannya...


Setelah itu akan terbuka tampilan dari website nya, dan lihat address barnya menjadi "https://fahmi.net"...


Selanjutnya coba akses "https://fahmi.comhasilnya akan ada pemberitahuan seperti gambar diatas, pilih saja "continue to this website"... untuk melanjutkannya...


Dan hasilnya terbuka juga dan lihat address bar nya menjadi "https://fahmi.com"...


Lalu kita lanjut ke client, dan pastikan terlebih dahulu Ip address nya sudah di konfigurasi dengan benar, dan isi DNS nya dengan Ip address server / windows server 2012 nya...


Lalu lakukan test PING / test koneksi, dengan cara ping ke 2 domain, dan pastikan hasilnya reply...


Setelah itu kalian akses "https://fahmi.nethasilnya akan ada pemberitahuan seperti gambar diatas, pilih saja "continue to this website"... untuk melanjutkannya...


Setelah itu akan terbuka tampilan dari website nya, dan lihat address barnya menjadi "https://fahmi.net"...


Selanjutnya coba akses "https://fahmi.comhasilnya akan ada pemberitahuan seperti gambar diatas, pilih saja "continue to this website"... untuk melanjutkannya...


Dan hasilnya terbuka juga dan lihat address bar nya menjadi "https://fahmi.com"...

Oke sampai disini pembahasan tentang https nya..

mohon maaf jika ada salah kata, dan mohon maaf jika ada kekurangan karena kesalahan datang nya dari saya sendiri dan kebenaran datangnya dari Allah SWT...

saya Fahmi Latief Munir undur diri...

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment