Membuat Aplikas Android Dengan HTML

Kita akan belajar membuat aplikasi android sederhana dengan menggunakan code dasar seperti Javascript, HTML, dan CSS sebagai tampilannya.

Sebelum memulai mari kita persiapkan beberapa software yang nanti akan kita butuhkan untuk merubah code Javascript dan HTML ke extention ".apk", berikut software yang kita butuhkan :

Install Cordova

Sekarang kita membutuhkan satu aplikasi terakhir yang bernama cordova, cara download dan install mungkin sedikit berbeda
  1. Buka command promp bisa melalui start program atau run program, keduanya sama saja tinggal ketikkan cmd lalu enter maka command prompt akan terbuka.
  2. Kita akan install cordova di drive c, jadi ketikkan cd c:\ kemudian ketikkan npm install -g cordova


 

Cara membuat aplikasi android

1. Buat Folder Untuk Menyimpan Aplikasi

Silahkan buat folder baru dengan nama terserah agan, buka folder yang masih kosong tersebut kemudian tahan shift dan klik kanan pilih Open command window here.
*dalam contoh ini ane buat folder di dekstop dengan nama Android.



Pada command prompt yang terbuka ketikkan perintah cordova create namaaplikasi com.example.namaaplikasi NamaAplikasi , agan bisa merubah kalimat namaaplikasi dengan selera agan, dalam contoh ini ane membuat nama kelana, jadi code cordova ane terlihat seperti ini:
cordova create kelana com.webjalanan.kelana FayKelana
Tungu sampai proses selesai,secara otomatis akan terbuat sebuah folder baru dengan nama sesuai yang agan berikan, dalam contoh ini nama folder ane kelana.


2. Membuat Platform Android

Buka folder baru yang terbuat di langkah awal, kemudian buka command prompt dengan cara yang sama yaitu  tahan shift dan klik kanan lalui pilih Open command window here, Setelah terbuka silahkan ketik code berikut : cordova platform add android --save


3. Edit Code HTML, Javascript dan CSS

Silahkan buka folder baru yang sudah terbuat di langkah awal, disana pasti ada nama folder dengan nama www disitulah tempat code HTML, Javascript dan CSS berada, agan bisa merubahnya seperti halnya agan sedang membuat code website.

Agan juga bisa membuang semua code yang ada dan menggantinya dengan karya milik agan sendiri, disinilah kreatifitas dan kemampuan agan yang nantinya akan di tampilkan oleh aplikasi.


4. Buat File apk Installer Android

Sudah selesai dengan edit dan buat tampilan di langkah tiga..??
Kalau masih belum itu bisa agan rubah nanti, dan ane disini tdak akan menjelaskan bagaimana cara membuat code HTML, Javascript atau CSS, karena codenya sama juga seperti membuat website, dan itu ada pada tutorial ane yang lain, sekarang kita lanjut ke langkah membuat file apk, agar bisa di install ke hp android atau di sebar ke PlayStore, caranya cukup mudah, ketikkan pada command prompt :  cordova build

*Kalau agan sudah menutup command promptnya, tidak usah panik..!! tinggal buka saja lagi dengan cara yang sama persis di langkah ke 2.

5. Dimana Lokasi File APK....?

 Biasanya file itu berada pada folder namaaplikasi\platforms\android\build\outputs\apk\....
 folder ini hanya akan muncul setelah agan melakukan langkah ke 4. dan biasanya akan muncul 2 file dengan nama android-debug.apk dan android-debug-unaligned.apk

0 komentar:

Post a Comment