Sisi Internet dalam Pandangan Pendidikan

Teknologi memang berkembang dengan begitu cepat dan pesat, salah satunya adalah perkembangan teknologi jaringan internet. Perkembangan tersebut merambah hingga ke beberapa unsur, salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Disetiap perkembangan pasti memiliki sisi negatif dan sisi positif yang mengiringinya. Berikut beberapa sisi positif maupun sisi negatif perkembangan internet untuk pendidikan.

Sisi Internet dalam Pandangan Pendidikan
Sisi Internet dalam Pandangan Pendidikan



Sisi Positif Internet untuk pendidikan

Pendidikan memang harus mengikuti perkembangan jaman agar tidak tertinggal. Dalam hal pendidikan, internet memiliki andil yang sangat besar. Hal itu bisa dilihat dari sistem menejemen online yang sudah mulai diterapkan, mulai dari pendaftaran, absensi, nilai, administrasi hingga ujian. Berikut beberapa poin positif internet untuk pendidikan
1. Perkembangan informasi pendidikan yang semakin luas. Jika dahulu kita tidak bisa melihat sistem pendidikan di seluruh dunia dengan mudah, sekarang hanya dengan membuka internet langsung bisa melihat informasi pendidikan dari seluruh dunia.
2. Memudahkan administrasi. Dengan sistem online, sekarang bisa membayar dari jarak jauh, melihat absensi siswa, melihat nilai siswa, hingga melakukan ujian secara online.
3. Jaringan antar instansi Pendidikan semakin luas dan mudah. Dengan semakin mudahnya akses informasi, maka akan semakin mudah untuk menjalin hubungan dengan instansi lain guna perbandingan kurikulum.
4. Untuk para pelajar, semakin mudah untuk mendapatkan informasi dalam mengerjakan tugas tugas sekolah.
5. Dan lain-lain yang masih banyak lagi


Sisi Internet dalam Pandangan Pendidikan
Sisi Internet dalam Pandangan Pendidikan

Sisi Negatif Internet untuk Pendidikan

Segala sesuatu memang selalu diiringi oleh sisi positif maupun sisi negatif, tidak terkecuali Internet. meskipun internet memiliki banyak sekali sisi positif, tetapi masih memiliki sisi negatif yang tidak kalah banyak. berikut beberapa sisi negatif internet untuk pendidikan atau lebih tepatnya untuk pelajar.
1. Sistem administrasi secara online mudah disusup oleh orang yang kurang bertanggung jawab.
2. Para pelajar semakin malas untuk membaca buku karena semua informasi dari tugas mereka telah ada di internet yang langsung bisa disalin dan ditempel.
3. Sering terjadi kesalahan dalam pemahaman karena kurang meneliti informasi dari internet. "Dianjurkan untuk menyaring dengan teliti jika mencari pelajaran dari internet, karena banyak oknum yang sengaja memberikan pemahaman yang salah".
4. Dikarenakan internet adalah jaringan yang luas dan tanpa batas, banyak para pelajar yang menyalah gunakan internet. Contoh mengakses situs berbau pornografi yang mengganggu perkembangan mental.
Begitulah beberapa Sisi Negatif Internet untuk Pendidikan. Semoga artikel ini dapat membantu. Jika ada kesalahan, kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk memperbaiki artikel ini.
Salam dari blog sederhana.

"Belajar bukan hanya disekolahan juga bukan hanya dengan buku. melainkan banyak media untuk belajar";- http://lovearyah.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment