Cara Membuat Domain Dan Mengakses Domain Melalui Client IIS Pada Windows Server 2012 R2


Haii guys kembali lagi bersama saya di blog yang mungkin bermanfaat untuk kalian yang membaca nya.

Dipostingan ini saya akan menjelaskan "Cara Membuat Domain dan Mengakses Melalui Client IIS Pada Windows Server 2012 R2".

Dipostingan ini saya melanjutkan postingan sebelum nya yaitu "Cara Konfigurasi IIS Pada Windiws Server 2012 R2". dan disini saya akan melanjutkannya.

Oke dipostingan sebelum nya saya lebih fokus kepada cara konfigurasinya ya, nah sekarang saya akan menjelaskan cara menambahkan domain agar bisa diakses di client.

Oke langsung saja ya kita lakukan proses nya.



Pertama - tama kita harus menambahkan domainnya, nah kita harus masuk ke DNS Manager untuk menambahkan domain baru, jadi kalian pilih menu "tools" dan klik "DNS".



Lalu kita ke DNS Manager, lalu kalian klik kanan pada "forward lookup zone" dan akan ada sub menu yang muncul, kalian klik "New zone" untuk membuat zone baru/domain baru.



Lalu akan muncul windows baru, disitu kita langsung saja klik "next".



Dan pada pemilihan "zone type" disini kalian pilih "primary zone" untuk membuat copy zone dan dapat diupdate langsung pada server. lalu klik "next".



Lalu "Active Directory zone Reokication Scope" disini kita akan memilih DNS data yang akan direplika seperti apa.
nah disini piih "to all DNS servers on domain controllers in this domain : fahmi.net" artinya disini kita memilih replika dari semua DNS server yang berjalan pada domain controllee fahmi.net, setelah itu kita klik "next".



Selanjutnya adalah menentukan "zone names" atau nama zona yang akan kalian masukan replika DNS data yang ada pada fahmi.net ke fahmi.com , lalu disini diisi dengan nama domain yang baru yaitu fahmi.com , nama domain bisa disesuai kan oleh kalian sendiri. lalu kalian klik "next".



Setelah itu kalian pilih pengaturan dynamic update yang arti nya kita direkomendasikan untuk active directory, jadi disini kita bisa memilih hanya diperolehkan update dynamic secara aman. lalu kalian klik "next".



Selanjutnya adalah tahap konfirmasi, bahwa semua nya sudah benar dan sudah bisa diinstall, jika ada yang kurang atau salah kalian bisa klik "back" terlebih dahulu sebelum klik "finish" jika sudah benar klik "finish".



Setelah selesai, maka akan bertambahnya domain baru yaitu "fahmi.com", nah kita juga bisa melihat nya di DNS manager.



Lalu kita tambahkan host baru di DNS Manager fahmi.com, cara nya sama klik kanan pada DNS Manager fahmi.com lalu klik kanan "new host (A or AAA)"..
Lalu masukan name User nya adalah "www" dan ip address nya adalah IP server. lalu klik "Add host"..



Maka hasilnya akan seperti gambar diatas.



Selanjutnya yaitu mengubah tampilan default dari domain "fahmi.net dan fahmi.com" maka konfigurasi nya agar dapat diakses lewat clent, first klik "tools" lalu pilih "Internet Information Services (IIS) Manager" untuk melakukan konfigurasi nya..



Selanjutnya kita klik "Server" nya lalu klik "Sites" lalu disana akan ada daftar web nya, setelah itu klik "explore" untuk mengetahui lokasi folder web server.



Setelah itu kita akan masuk folder web server IIS nya, disini kita akan membuat tampilan web masing - masing domain berbeda, jadi kita buat folder terlebih dahulu untuk masing - masing domainnya..

kita buat folder "wwwroot-fahmi.com" dan "wwwroot-fahmi.net" untuk meletakkan file html dari domain tersebut... jadi untuk nama nya bebas terserah kalian atau juga bisa kalian sesuaikan ya... tetapi ber kata "wwwroot" dan juga copy isi dari folder "wwwroot" ke masing masing folder yang kalian buat...




Selanjut nya kita buat file gambar terlebih dahulu untuk tampilan masing masing domain.. contoh nya bisa kalian lihat diatas..



Setelah itu kita edit file "iisstart.html" nya menggunakan notepad.




Edit image source sesuai / menjadi nama file gamabar yang sudah kalian buat ya...




Dan edit juga file "iistart.html" yang berada di folder fahmi.com, dan ganti image source nya dan save notepad nya...



Setelah itu kita tambah kan website baru untuk masing - masing domain, dan cara nya menambahkan website seperti gambar diatas ya kalian bisa lihat hhehe....



Setelh kalian isi hal - hal yang dibutuhkan untuk web nya.
owh ya
- Site name = isi dengan nama websitenya.
- Phisycal path = isi dengan folder yang kalian buat di inetpub.
- Hostname = isi dengan nama domain nya..



Lalu tambah kan website lagi dan kalian harus mengisinya lagi, pengaturannya sama seperti cara diatas. dan bedakan folder dan domain nya, lalu klik "OK"..



Maka hasilnya pun akan seperti gambar diatas..



Sebelum kita mengakses browser nya kita lakukan PING terlebih dahulu ke masing masing domain.. dan hasil nya harus Reply..




Oke kita sudah bisa mengakses melalui browser dan tampilannya dari masing masing domain juga sudah berbeda ya guys..

Oke langkah selanjutnya pengaksesan domain melalui Client..



Pertama, kita lakukan konfigurasi IP nya dan tunjukan DNS nya ke IP server, dan ip address nya IP yang sudah di daftarkan di server (JOIN DOMAIN) lalu klik "OK"..



Lalu turn on feature di control panel, buka control panel dan search "program" dan akan ada pilihan seperti gambar diatas, dan klik "turn windows features on or off"..



Lalu muncul windows baru, centang Internet Information Services seperti gambar diatas.
Owh ya guys tanpa di centang Internet Information Services nya juga bisa karena si client sudah terhubung ke DNS Server, kenapa sih kok saya mencentang fitur Internet Information Services sebenarnya nya saya mencentang agar sewaktu waktu kita bisa mengakses IIS nya tanpa kita harus konfigurasi lagi...



Lalu tunggu proses penerapan fitur di client windows 10 nya sampai selesai..



Setelah selesai maka akan ada pemberitahuan bahwa proses nya sudah selesai dan klik "close"..





Maka hasil nya berbeda tampilan di masing - masing domain, jadi kita sudah berhasil ya guysss...

Jadi web server ini adalah sebagai penyedia untuk client jika client ingin mengakses website, maka web server lah yang mengaturnya...

Oke mungkin itu saja yang mungkin bisa saya beri ilmunya, jika ada kesalahan dalam konfigurasi atau gagal jika kalian mencoba nya mohon maaf, karena kesalahan datang nya dari diri saya sendiri, dan kebenaran datang nya dari ALLAH SWT.

saya Fahmi Latief Munir undur diri...


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment