Install FTP Server Windows Server 2012 R2


Haiii guys, kembali lagi bersama saya fahmi latief munir di blog yang mungkin bisa berguna buat kalian...
Disini saya akan membahas tentang "Cara Install FTP di Windows Server 2012 R2"... disini saya melanjutkan post yang sebelumnya...

Post sebelum nya saya membahas "Cara Membuat Domain dan Akses Domain Melalui Client"...

Sebelumnya saya membahas tentang IIS dan sekarang saya akan melanjutkan nya yaitu menginstall FTP...

Oke pertama - tama kalian tahu tidak sih apa itu FTP?
FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan untuk melakukan tukar menukar file / barter file dalam ruang lingkup satu network, dan ftp ini menggunakan koneksi TCP.... dan FTP itu sendiri ada 2 bagian yaitu FTP server dan FTP client...

Oke sekarang saya akan menyampaikan "Cara Install FTP" terlebih dahulu.. dan saya ingatkan sebelum kalian menginstall FTP kalian harus install IIS di windows server kalian terlebih dahulu...

Langsung saja ke konfigurasinya...



Oke pertama - tama kita masuk / login ke windows server nya, setelah itu buka Server Manager... setelah itu kita tambahkan roles and features... jadi kalian klik "add roles and features"..



Selanjutnya kita masuk ketahap "Installation Type" dan pilih opsi "Roles based or feature based installation" yang berarti kita akan menambahkan feature di windows server, bukan meremote windows server...



Selanjutnya kita memilih server yang akan diinstall / ditambahkan feature / role nya.. dan disini kita pilih "select a server from the server pool" artinya kita memilih server yang sudah tersedia di kolom server pool, dan sebagai contoh kalian bisa lihat sendiri pada gambar diatas yap.. jika sudah kalian klik "Next"...



Oke setelah itu kita masuk ke tahap "Server Roles" dan disini kita tambahkan "FTP" dan ftp itu sudah masuk kedalam roles "Web Server IIS" saya sudah beri tahu jika kalian ingin install ftp kalian harus install IIS terlebih dahulu.. setelah itu kalian scroll kebawah dan kalian klik web server maka akan muncul sub menu, lalu kalian pilih "FTP server".. setelah itu kalian klik "Next"...



Setelah itu kita masuk pada tahap "features" , dibagian ini tidak ada yang ditambahkan, jadi kita langsung saja klik "Next"...



Setelah itu kita masuk pada tahap "Confirmation" yang artinya kita disini mengkonfirmasi roles and feature yang akan diinstall, dan pastikan terlebih roles/features yang akan kalian install sudah masuk dalam daftar atau belum, jika sudah masuk klik "install"...



Setelah itu maka kalian akan disuruh menunggu sebentar, dan jika sudah selesai kalian bisa klik "close"...



Setelah itu kita masuk ke tools "Internet Information Service (IIS) Manager"... untuk memastikan ftp kita sudah terinstall atau belum...



Maka kita akan lihat di IIS Manager, bahwa penginstalan FTP sudah selesai...

Post selanjutnya kalian bisa lihat, klik ---->>>>DISINI<<<<---- tentang "Konfigurasi FTP dengan Login Anonymous di Windows Server 2012 R2"....

Ya sekian yang bisa saya sampaikan, jika ada salah kata mohon dimaafkan, kurang lebihnya mohon maaf juga

saya Fahmi Latief Munir undur diri..


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment