Cara Melepaskan Penyimpanan Eksternal di Android Tanpa Menonaktifkan Daya yang Benar

Cara Melepaskan Penyimpanan Eksternal di Android Tanpa Menonaktifkan Daya yang Benar - Kartu SD dan Flashdisk adalah media penyimpanan eksternal yang digunakan untuk android kebanyakan. Tapi tahukah Sobat, seperti prinsip kerja di PC Windows, jika ingin melepaskan/ mencopot memori eksternal tersebut saat perangkat dalam keadaan hidup, Sobat harus melakukan proses eject / proses pelepasan terlebih dahulu. Di perangkat android proses ini dikenal dengan proses unmount atau unmounting.

Kalau Sobat langsung mencabut tanpa melakukan proses unmount, biasanya akan keluar notifikasi "kartu SD tiba-tiba dicabut, lepaskan kartu SD". Notifikasi ini menunjukan pada kita jika hal seperti ini akan merusak kartu memori/ flashdisk kita. Bagaimana tidak? Kartu memori yang merupakan media penyimpanan eksternal yang juga bagian dari tempat singgahnya data aplikasi android tiba-tiba dicabut tanpa ada alasan yang jelas, pasti sakit banget hatinya, hahaha...

Lalu bagaimana caranya melepas media penyimpan eksternal yang benar di perangkat android? Silahkan simak caranya dibawah ini. Disini saya menggunakan perangkat Asus Padfone S dengan Android Marsmallow 6.0.1, jadi mungkin tampilan ilustrasi tidak akan sama persis dengan perangkat Sobat.

  • Pergi ke menu "Setelan"



  • Gulir kebawah dan pilih "Penyimpanan & USB"



  • Gulir kebawah sampai di tab penyimpanan yang akan dilepaskan. Silahkan pilih simbol yang saya tandai disamping rincia Krt memori atau "Lepaskan penyimpanan ini."


  • Tunggu proses unmount sampai selesai, sampai muncul notifikasi seperti ini.


  • Setelah proses selesai, ditandai dengan tampilan "Dikeluarkan".


  • Silahkan cabut media penyimpanan yang telah dilepaskan oleh sistem.


Demikianlah cara melepaskan media penyimpanan eksternal di android yang benar. Mudah bukan langkah-langkahnya untuk melepas kartu memori eksternal atau flashdisk di android tanpa mematikan android dengan benar? Semoga bermanfaat, terimakasih telah mampir.

Terkait:
Cara eject kartu memori sdcard memori eksternal yang benar diandroid, cara yg benar melepas microsd sdcard yang benar di android, cara mencopot flashdisk yang benar pada android.

0 komentar:

Post a Comment