Soal Dan Jawaban UTS Rekayasa Perangkat Lunak

Soal Dan Jawaban UTS Rekayasa Perangkat Lunak

SOAL :

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan dibawah ini :

    a.) Rekayasa
    b.) Perangkat Lunak
    c.) Rekayasa Perangkat Lunak

2. Jelaskan menurut anda tentang manfaat mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak ?
3. Sebutkan dan jelaskan metode pengembangan perangkat lunak yang anda ketahui ?
4. Jelaskan sebagai berikut :
    
    a.) Jelaskan tahapan-tahapan metode pengembangan perangkat lunak dengan metode Waterfall ?
    b.) Jelaskan prinsip metode pengembangan perangkat lunak dengan metode Waterfall ?

JAWABAN

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan dibawah ini :
a.) Rekayasa adalah penerapan kaidah-kaidah ilmu dalam pelaksanaan (seperti perancangan, pembuatan konstruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yang ekonomis dan efisien.

b.) Perangkat Lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

c.) Rekayasa Perangkat Lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

2. Jelaskan menurut anda tentang manfaat mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak ?
Manfaat mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak adalah untuk seorang analis memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah, kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu, dapat bekerja pada berbagai jenis platform, biaya perawatannya rendah.

3. Sebutkan dan jelaskan metode pengembangan perangkat lunak yang anda ketahui ?
- Model Sekuensial Linier atau Waterfall Development Model disebut Model Pengembangan Air Terjun, merupakan paradigma model pengembangan perangkat lunak paling tua, dan paling banyak dipakai. Model ini mengusulkan sebuah pendekatan perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekunsial yang dimulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh tahapan analisis, desain , kode, pengujian, dan pemeliharaan.

- Model Prototype merupakan suatu paradigma baru dalam metode pengembangan perangkat lunak dimana metode ini tidak hanya sekedar evolusi dalam dunia pengembangan perangkat lunak, tetapi juga merevolusi metode pengembangan perangkat lunak yang lama yaitu sistem sekuensial yang biasa dikenal dengan nama SDLC atau waterfall development model.

- Model Rapid Application Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembanganperangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek (kira-kira 60 sampai 90 hari). Model RAD ini merupakan sebuah adaptasi “kecepatan tinggi” dari model sekuensial linier dimana perkembangan cepat dicapai dengan menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen.

4. Jelaskan sebagai berikut :
a.) - Analisis kebutuhan perangkat lunak. Pada proses ini, dilakukan penganalisaan dan pengumpulan kebutuhan sistem yang meliputi Domain informasi, fungsi yang dibutuhkan unjuk kerja/performansi dan antarmuka.  Hasil penganalisaan dan pengumpulan tersebut didokumentasikan dan diperlihatkan kembali kepada pelanggan.

- Desain Sistem. Pada proses Desain, dilakukan penerjemahan syarat kebutuhan sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuatnya proses pengkodean (coding). Proses ini berfokus pada  struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi interface, dan detail algoritma prosedural.

- Pengkodean. Pengkodean merupakan proses menterjemahkan perancangan desain ke bentuk yang dapat dimengerti oleh mesin, dengan menggunakan bahasa pemrograman.

- Pengujian. Setelah Proses Pengkodean selesai, dilanjutkan dengan proses pengujian pada program perangkat lunak, baik Pengujian logika internal, maupun Pengujian eksternal fungsional untuk memeriksa segala kemungkinan terjadinya kesalahan dan memeriksa apakah hasil dari pengembangan tersebut sesuai dengan hasil yang diinginkan.

- Pemeliharaan. Proses Pemeliharaan erupakan bagian paling akhir dari siklus pengembangan dan dilakukan setelah perangkat lunak dipergunakan.

b.) Prinsipnya dalam menggunakan metode waterfall harus dari atas kebawah dan haruslah cepat menyelesaikan step demi stepnya jika tidak maka akan terjadi kegagalan dalam membangun sebuah software.


Semoga Bermanfaat. CMIIW

0 komentar:

Post a Comment